KODE ETIK PROFESI IT. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Sytem administrator

System Administrator 
System Administrator ,orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem,melakukan pemeliharaan sistem,memiliki kewenang mengatur hak akses terhadap sistem,serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.
2. Kemungkinan pelanggaran yang dilakukan system Administrator
  1. System Administrator perusahaan (bank,operator seluler,dan sebagainya) menggunakan hak akses yang dimilikinya,untuk menggunakan data pelanggan untuk kepentingan pribadi atau bukan untuk kepentingan perusahaan. sehingga perusahaan merugi karena hal tersebut dan profesi tersebut menjadi tercemar nama baiknya.
  2. System Administrator mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang dimasuki seperti : pencuriaan data,penghapusan,dan banyak yang lainnya.
  3. System Administrator memasang virus dan spyware dengan tujuan seperti untuk mencuri data-data anda,merusak hardware anda,mengahapus file,menghilangkan fungsi tertentu,mengambil alih kontrol pada komputer anda dan lain sebagainya.yang pasti sangat langka atau mungkin tidak ada virus dan spyware yang membawa keuntungan pada komputer yang terinfeksi.
Kesimpulan :
System administrator atau sering disebut dengan sistem admin adalah seseorang yang bekerja untuk memelihara dan mengoperasikan sebuah sistem komputer atau jaringan yang berjalan setiap harinya.seorang sistem admin bisa menyelesaikan segala jenis persoalan mengenai komputer yang tentunya pengetahuannya diatas rata-rata seorang technical support yang bertanggung jawab penuh tentang sistem komputer.tugas utamanya adalah memastikan sistem tetap berjalan lancar dalam memberikan pelayanan kepada pengguna.keamanan informasi data adalah proses melindungi data dari penyalahgunaan atau perusakan yang dilakukan oleh orang-orang didalam atau diluar sebuah organisasi,termasuk pegawai,konsultan dan hacker.keamanan yang ditembus dapat berupa sebuah situs yang dideface (mencacati/mengotori),virus komputer,pegawai yang secara sengaja atau tidak sengaja menyebarkan password-nya,mantan pegawai yang menyabotase database,atau bahkan mata-mata perusahaan lain yang mencuri data tentang banyak barang atau  data keuangan barang yang dibeli pelanggan anda dari perusahaan tempat anda bekerja.keamanan informasi diperlukan untuk mengatasi adanya kemungkinan pelanggaran yang dilakukan system admministrator,maka setiap informasi data harus memiliki satu atau lebih administrator yang bertanggung jawab terhadap segala aspek mengenai sistem keamanan (sistem security).sistem keamanan dari suatu informasi data terdiri dari beberapa bagian pengaturannya,antara lain :
1.Pengelolaan pengguna data (database user management)
2. Ketepatan/keaslian pengguna (user authentication)
3. Pengamanan sistem operasi (operating system security)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar